Jawab Pertanyaan Berikut sebelum Melakukan Online Marketing

Melakukan Online MarketingBisnis online kini semakin merambah ke berbagai kalangan dan penjuru daerah. Semakin banyak usaha-usaha kecil sudah melakukan pemasaran di internet agar jangkaunnya semakin luas dan diketahui oleh khalayak. Sebagaimana yang kita ketahui, penyampaian informasi dan komunikasi melalui internet sangat cepat dan mudah. Sebagian besar orang kini memanfaatkan internet untuk mencari informasi, menjalin komunikasi, dan bahkan mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Nah, ini saatnya bagi Anda yang belum juga menerapkan strategi pemasaran online untuk mengambil tindakan. Sejatinya, ada empat pertanyaan yang perlu Anda jawab sebelum melakukan online marketing. Simak penjabarannya masing-masing berikut ini:

Sudahkah anda belajar internet marketing?

Banyak yang berkata bahwa pemasaran di internet itu mudah, cepat, dan menguntungkan. Mendengar pernyataan demikian, timbul anggapan bahwa promosi online sesederhana itu dan dapat mendatangkan keuntungan dengan cepat. Faktanya tidak seinstan itu. Siapapun yang berkecimpung di dunia bisnis dituntut untuk tahu dan belajar lebih lanjut tentang internet marketing.

Jangan ragu dan sungkan untuk banyak-banyak belajar sebelum mulai melakukan pemasaran online. Manfaatkan media yang ada saat ini dan luangkan waktu sejenak untuk belajar terlebih dahulu. Anda bisa membeli atau meminjam buku seputar pemasaran online yang tersedia.

Apabila belajar otodidak dirasa kurang efektif dan sulit, tak ada salahnya jika Anda mau meluangkan sejumlah uang untuk belajar dari mentor atau mengikuti pelatihan & seminar.

Siapa target pasar Anda?

Setelah banyak belajar dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki, langkah selanjutnya yaitu menentukan target pasar. Dalam berbisnis, Anda memang berharap untuk mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai kalangan. Tapi, akan lebih baik lagi kalau mengenali siapa sebenarnya yang menjadi target pasar Anda. Dekripsikan prospek secara spesifik berdasarkan kategorinya mulai dari gender, umur, bahkan pekerjaan, dan minat.

Di dunia perbisnisan online, menentukan target pasar sangat penting agar nantinya pebisnis dapat mempromosikan tepat pada target dan menyesuaikan produk ke orang-orang yang potensial.

Berapa budget yang dimiliki?

Yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan digital marketing yakni perencanaan keuangan. Berapa budget yang akan dialokasikan? Tentu Anda tidak mau overspending, bukan? Jika dana tidak direncanakan dan dipersiapkan dengan baik sejak awal, kemungkinan malah akan mengejutkan Anda karena nominalnya yang tak terkira. Terlebih bagi yang akan menggunakan jasa perusahaan internet marketing khusus agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dana yang akan dikeluarkan tergantung dari skala bisnis Anda dan strategi apa yang akan dilakukan kelak. Untuk bisnis kecil, biaya yang dibutuhkan sekitar 1 juta per bulan.

Apa strategi dan media promosi yang akan digunakan?

Hal yang tidak kalah pentingnya yakni merencanakan strategi dan media promosi online apa yang akan Anda lakukan. Setelah mempelajari internet marketing dan mendalami ilmu, Aanda pastinya sudah memiliki banyak referensi dan mendapatkan ide mengenal hal ini. Adapun strategi beserta media promosi online yang esensial yaitu:

  1. SEO atau search engine optimization
  2. PPC (Pay-per-click)
  3. Pemasaran melalui email
  4. SMM atau social media marketing yang meliputi penggunaan jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dll.
  5. Video iklan YouTube
  6. Program afiliasi
  7. dll.

Melakukan pemasaran online tidak semerta-merta fokus pada satu strategi atau media saja. Anda bahkan diharuskan untuk memvariasikan channel-nya guna memaksimalkan effort pada internet marketing. Tidak hanya itu, kemungkinan mendapatkan lebih banyak konsumen dan keuntungan juga lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *